Jurnal Review Analisis Semiotika Makna Optimisme Pada Video Klip Super - M "WE DO"

Bagaimana analisis tersebut mengungkap rerpresentasi makna optimisme pada video klip "WE DO"?

Media komunikasi massa seperti video klip merupakan media komunikasi yang mengandung makna di dalamnya. Makna optimisme dalam representasi video klip "WE DO" bertujuan untuk menyampaikan masalah realitas sosial yang relevan dan memberikan motivasi kepada audiens, video klip merupakan cara untuk memberikan wawasan dan mempengaruhi pemikiran individu secara edukatif dan deskriptif. Analisis semiotikan John Fiske digunakan untuk mengungkap makna yang terkandung pada video klip "WE DO", makna optimisme dalam video klip tersebut mengarah pada pemikiran positif dan terus maju menghadapi tantangan masalah global seperti pada masalah pandemi yang membawa dampak negatif terhadap kesehatan mental, dalam menghadapi pandemi terdapat berbagai aspek permasalahan salah satunya pembatasan sosial, mengakibatkan ekonomi berjalan tidak stabil, akibat dari dampak ini membawa pengaruh terhadap kesehatan mental individu. Analisis ini mengungkap makna optimisme dalam video klip tersebut untuk memberikan rasa semangat kepada audiens segala hal dan fokus pada satu tujuan untuk maju


Memberikan motivasi semangat kepada audiens melalui representasi video klip tersebut

Pandemi covid membawa dampak yang signifikan pada permasalahan global terhadap berbagai aspek kehidupan. Salah satu permasalahan yang terjadi pada pandemi adalah kesehatan mental, kesehatan mental merupakan masalah serius bagi individu, video klip ini memfokuskan makna optimisme pada perhatian utama masalah mental. Dalam konteks video klip "WE DO" memberikan pesan semangat dan optimis untuk berperan dalam membantu individu menghadapi tantangan dalam realitas sosial, video klip dari "WE DO" merupakan sarana hiburan untuk membawa energi positif dan semangat kepada para penonton. Analisis ini menggunakan metode semiotika untuk mendeskripsikan tanda dan simbol - simbol dari makna optimisme dalam video klip tersebut


Metode penelitian yang digunakan dalam analisis

Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Jhon Fiske yang dikenal sebagai The Television Codes yaitu realitas, representasi, ideologi, dalam analisis ini ditemukan beberapa tanda di dalam masyarakat dan pemaknaannya


Bagaimana makna optimisme direpresentasikan melalui video klip tersebut

Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Jhon Fiske, analisis ini mengungkap beberapa tanda yang direpresentasikan melalui video klip "WE DO", dari pengamatan video klip tersebut mengungkap tentang bagaimana makna optimisme direpresentasikan yaitu melalui tanda pada gestur tubuh, ekspresi, fashion, dan lirik lagu. Representasi dalam video klip tersebut makna optimisme membawa dampak terhadap wawasan individu dan menekankan rasa semangat, optisme untuk membantu menjaga kesehatan mental individu, dalam kehidupan, setiap individu pernah mengalami tantangan yang sulit, tidak mudah bagi individu tetap bersikap optimis dalam menghadapi tantangan realitas sosial


Bagaimana makna optimisme dalam video klip, membawa dampak positif terhadap individu

Berdasarkan analisis ini makna optimisme disampaikan melalui video klip membawa dampak positif terhadap individu. Menekankan rasa semangat dan optimis, mendeskripsikan bahwa segala hal dalam kehidupan dapat tercapai dengan adanya rasa semangat dan optimisme. Video klip "WE DO" memberikan inspirasi terhadap audiens sebagai bentuk memberikan dukungan untuk tetap menjalani hidup dengan positif dan meraih kesuksesan dalam kehidupan. Hasil analisis ini di dukung dengan metode kualitatif dengan pendekatan teori semiotika Jhon Fiske



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Representasi Psikologi Dalam Scene Ending Film "GIE" Riri Riza (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Review Jurnal Representasi Feminisme dalam Video Klip Lagu God is a woman (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Review Jurnal Makna Tersembunyi Pada Video Klip "Jiwa Yang Bersedih" Milik Ghea Indrawari